Halaman

PAMERAN ONLINE

PRODUK UNGGULAN

Kreasi Olahan Lorju'


LABEL PRODUK 





GAMBAR OLAHAN LORJU'




Madura merupakan daerah pesisir laut. Daerah Madura ini terkenal dengan pekerja sebagai nelayan. Salah satunya adalah penghasil ikan lorju’. Siapa yang tak mengenal lorju’?. Lorju’ juga sering disebut kerang bambu diwilayah Madua. Kerang yang satu ini memang bentuknya berbeda dengan kerang lainnya. Kerang ini memiliki cangkang yang beruas-ruas mirip seperti bambu, sehingga lorju’ dikenal sebagai kerang bambu. Masyarakat Madura biasanya memanfaatkan laut ketika surut untuk mendapatkan lorju’. Lorju’ atau kerang bambu ini memiliki rasa yang khas untuk dijadikan berbagai macam olahan seperti rengginang lorju’ rasa coklat/mint/balado, aci lorju’, tebus kelor (telur gabus keju lorju’).

Cara pengolahan lorju’ ini sangat mudah dengan cara dibiarkan sehari untuk mengeluarkan cairan yang kurang sedap. Ketika akan membuat olahan lorju’, lorju’ dibersihkan terlebih dahulu dan dijemur dibawah terik matahari, setelah itu dapat diolah seseuai keinginan. Hal ini dilakukan oleh mahasiswa KKN 14 dalam pembuatan produk unggulan yang menggunakan bahan utama ikan lorju’ atau kerang bambu. Mahasiswa KKN 14 ini menggunakan olahan lorju’ sebagai campuran makanan ringan atau camilan.
Rengginang lorju’ merupakan produk makanan ringan rumahan di Desa Pademawu Timur. Dalam pembuatan makanan ringan rengginang lorju’ ini mahasiswa KKN 14 memberikan inovasi dengan cara menambahkan rasa coklat/mint/balado setelah digoreng sehingga memiliki rasa yang lebih enak. Kemudian pembuatan aci lorju’ ini terbuat dari tepung terigu, tepung kanji, penyedap rasa, daun bawang seperti pembuatan pentol yang berisi ikan lorju’. Pembuatan tebus kelor (telur gabus keju lorju’) ini terbuat dari bahan tepung topioka, penyedap rasa, telur, keju, ikan lorju’ yang dihaluskan. Setelah bahan-bahan tersebut halus adoanan tersebut dibentuk kecil memanjang dan digoreng. Tebus kelor ini bisa ditambahkan dengan variasi rasa tidak hanya original. Produk unggulan ini mendapatkan apresiasi yang baik dari warga sekitar khususnya dari perangkat desa.


0 komentar:

Posting Komentar