Banner 468 x 60px

 

PAMERAN DARING DISEMINASI ONLINE

0 komentar

PAMERAN ONLINE 
KKN TEMATIK KELOMPOK 03





Deskripsi Produk


Produk unggulan desa yang diusulkan oleh KKN Tematik Kelompok 03 Universitas Trunojoyo Madura yang bertempat di Desa Pademawu Timur Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan ialah “Kerupuk JuHaHa (Lorjuk Halal Huenak)”. Kerupuk ini merupakan kerupuk yang bahan baku utamanya terbuat dari campuran tepung dan lorjuk (kerang bambu). Alasan membuat produk ini adalah potensi lorjuk yang melimpah di Desa Pademawu Timur, tepatnya di Dusun Mangunan. Sebagian besar warga Dusun Mangunan (Ibu Rumah Tangga) bekerja sebagai pencari lorjuk. Meskipun hanya satu dusun yang memiliki banyak potensi lorjuk, lorjuk ini sangat populer dikalangan masyarakat dusun sekitar untuk dijadikan berbagai macam olahan, diantaranya yaitu campor lorjuk, sambel lorjuk, rengginang lorjuk, lorjuk krispi, dan kacang lorjuk. Beberapa produk tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan. Untuk campor lorjuk, memang sudah menjadi makanan khas Desa Pademawu Timur dari generasi ke generasi karena rasanya yang nikmat dan khas. Kelemahan dari campor lorjuk yaitu dari segi penyajiannya. Campor lorjuk merupakan makanan siap saji yang mana harus segera dinikmati setelah dihidangkan, hal ini menyebabkan jangkauan pemasaran dari produk ini pun terbatas. Sedangkan untuk produk lainnya yaitu sambel lorjuk, rengginang lorjuk, lorjuk krispi dan kacang lorjuk memiliki kelebihan yaitu jangkauan pemasaran yang luas dan tahan lama, namun kekurangannya yaitu biaya produksi yang mahal karena membutuhkan banyak lorjuk, hal ini tentunya berdampak pada harga jual yang juga relatif mahal. Oleh karena itu, kerupuk lorjuk diusulkan karena dirasa mampu mengatasi kekurangan-kekurangan dari produk sebelumnya. Diantara kelebihan kerupuk lorjuk adalah tahan lama sehingga jangkauan pemasaran luas, biaya produksi murah dan lebih efisien karena tidak membutuhkan lorjuk banyak serta mengangkat potensi unggulan Desa Pademawu Timur, yakni komoditi lorjuk (kerang bambu).


Bahan Baku


Bahan baku yang dibutuhkan untuk pembuatan “Kerupuk JuHaHa (Lorjuk Halal Huenak)” adalah:
-Tepung tapioka
-Tepung terigu
-Lorjuk (kerang bambu)
-Kaldu Lorjuk
-Bawang putih
-Gula
-Garam
-Soda Kue


Cara Membuat (3 pcs Kerupuk JuHaHa)


-Rebus lorjuk segar 1/4 kg tanpa menggunakan air (kaldu akan keluar dengan sendirinya)
-Tuang kaldu hasil rebusan lorjuk ke wadah
-Tiriskan lorjuk yang sudah direbus ke wadah yang lebar agar cepat dingin
-Pisahkan lorjuk dari cangkangnya
-Cincang lorjuk menjadi kecil-kecil
-Campurkan bahan-bahan (tepung tapioka ½ kg, tepung terigu ¼ kg, irisan lorjuk, bawang putih 8 siung, garam dan gula secukupnya, dan soda kue ½ sendok teh)
-Tambahkan air sedikit demi sedikit
-Aduk hingga adonan tercampur rata (adonan yang rata dan encer akan menjadikan kerupuk matang sempurna)
-Masukkan adonan ke dalam plastik es batu kemudian ikat (jangan terlalu kencang)
-Rebus kurang lebih 1 jam
-Setelah matang, diamkan beberapa jam kemudian iris tipis-tipis
-Jemur kurang lebih 2-3 hari
-Kerupuk mentah siap dikemas



 Cara Penyajian Kerupuk JuHaHa (Lorjuk Halal Huenak)


-Sebelum digoreng, lebih baik kerupuk lorjuk mentah dijemur beberapa jam agar hasil kerupuk dapat mengembang sempurna
-Goreng kerupuk dengan minyak goreng (api sedang)
-Kerupuk siap disajikan




 Harga Jual


Jadi, perhitungan harga jual Kerupuk JuHaHa per pcs adalah seharga Rp 14.944 atau dibulatkan menjadi Rp 15.000,-.


  Pangsa Pasar

Pangsa pasar produk Kerupuk JuHaHa (Lorjuk Halal Huenak) khas Pademawu Timur sangat luas. Hal ini dikarenakan kerupuk merupakan makanan yang sangat populer di Indonesia. Apalagi dengan cita rasa enak dan gurih dari lorjuk (kerang bambu) yang merupakan potensi unggulan Desa Pademawu Timur dan jarang ditemui didaerah lain, sehingga dapat menjadikan produk ini sebagai salah satu inovasi jajanan oleh-oleh khas Desa Pademawu Timur, Kecamatan Pademawu Timur, Kabupaten Pamekasan. Harga yang terjangkau pun menjadi daya tarik tersendiri, karena dapat dinikmati oleh segala kalangan, baik kalangan atas, menengah maupun kalangan bawah. Karena produk ini tahan lama tanpa bahan pengawet, pemasaran bukan hanya dilakukan secara langsung, namun dapat juga melalui media-media online, sehingga jangkauannya luas (baik di dalam daerah, luar daerah maupun luar negeri). Karena terbuat dari bahan-bahan yang aman, kerupuk JuHaHa ini juga aman dikonsumsi untuk segala usia. Oleh karena itu, dalam hal pemasaran produk, kerupuk JuHaHa ini tidak perlu diragukan lagi (dapat menjangkau segala kalangan, usia dan wilayah).


Bentuk Tampilan Produk


Produk




Label Produk



Foto/video Mengenai Produk



0 komentar:

Posting Komentar